Kamis, 6th Oktober 2022

flagylmedication

Update Informaasi Berita Olahraga

Standard

Simak Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Basket

JAKARTA – Pengertian dan sejarah permainan bola basket wajib diketahui oleh warganet. Bola basket saat ini menjadi salah satu olahraga populer di dunia khususnya di Amerika Serikat. 

Pertandingan bola basket pertama kali dilakukan sejak 130 tahun hingga hari ini masih terus dilakukan. Berbagai macam pertandingan bola basket selalu menarik perhatian banyak penonton.

Namun masih banyak yang belum mengetahui mengenai pengertian dan sejarah permainan bola basket. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahasnya. Berikut informasinya;

Pengertian Bola Basket 

Bola basket adalah olahraga kelompok dan setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Kedua tim bermain dan harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara melempar bola ke  ring lawan.

Bola basket memiliki waktu permainan standar internasional 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit. 

Tapi khusus untuk NBA berbeda, karena menggunakan format 12 menit per babaknya atau 4×12 menit. Sedangkan permainan bola basket di Indonesia mengikuti standar durasi 4 x 10 menit.

Sejarah Bola Basket 

Bola basket yang saat ini dikenal merupakan hasil banyak modifikasi sejak pertama kali diciptakan. Mulai dari jenis bolanya, dimana yang pertama kali digunakan adalah bola untuk sepak bola. Hingga ditemukan jenis bola yang saat ini menjadi standar bola basket. 

Awalnya bola basket adalah permainan yang dikembangkan oleh seorang guru pendidikan jasmani bernama James Naismith sekitar tahun 1891. Saat itu, dirinya ingin membuat permainan yang dapat dimainkan murid-muridnya di dalam ruangan selama musim dingin.

Penggunaan lapangan yang cukup luas dengan permainan bola basket hanya berfokus pada passing antar teman saja karena belum ditemukan teknik dribble. Namun seiring berjalannya waktu permainan basket terus berkembang. 

Memasukkan bola ke keranjang menjadi salah satu modifikasi agar permainan ini tetap terus berjalan dan semakin menarik. Para pemain basket juga terus melakukan improvisasi cara bermain, teknik, dan strategi permainan supaya bola basket menjadi permainan yang atraktif.

Hingga pada akhirnya pertandingan bola basket pertama kali diadakan pada tanggal 20 Januari 1892 di Sekolah Tinggi Young Men’s Christian Association (YMCA) Springfield, Amerika Serikat (AS) milik James Naismith, pencipta permainan bola basket.

Sejak pertama kali diadakan pertandingan bola basket, jenis permainan ini menjadi semakin dikenal di seluruh penjuru Amerika Serikat. Sehingga berbagai pertandingan bola basket lainnya juga mulai diadakan di seluruh kota. 

Seiring meningkatnya popularitas permainan bola basket di dunia, tepat pada tanggal 18 Juni 1932 organisasi basket dunia dibentuk. Organisasi ini diberi nama FIBA dan bermarkas di Jenewa, Swiss.

Sementara untuk Asia, China jadi salah satu negara pertama yang mempelajari bola basket, bersama dengan Jepang dan Filipina. Pada tahun 1920-an, pendatang China ke Indonesia secara tidak langsung memperkenalkan olahraga bola basket.

Demikian informasi mengenai pengertian dan sejarah permainan bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.