Jumat, 9th Desember 2022

flagylmedication

Update Informaasi Berita Olahraga

Standard

Musim Ini, Liga Europa Rasa Liga Champions!

Liga Europa 2022/23 bakal memberikan sensasi yang sedikit berbeda dari musim-musim sebelumnya. Mulai babak 16 besar nanti bakal ada banyak tim kuat yang bersaing meraih trofi kasta kedua tersebut.

Liga Europa sebenarnya sudah cukup seru sejak beberapa musim terakhir, tepatnya karena panasnya persaingan di Premier League. Tim-tim Inggris yang bermain di Liga Europa biasanya termasuk tim top.

Musim ini ada Arsenal dan Manchester United yang bernasib demikian. Ada pula wakil top lain dari liga lain, seperti AS Roma, Sevilla, dan masih banyak lagi.

Nah musim ini persaingannya bakal lebih seru karena ada lebih banyak tim top yang turun kasta dari Liga Champions. Siapa saja?

Menuju 16 besar Liga Europa

Ada 32 tim yang terbagi dalam delapan grup Liga Europa (Grup A – Grup H). Tidak ada perbedaan dalam fase grup, semua aturan sama, torehan poin sama.

Perbedaannya, hanya delapan tim yang bisa lolos langsung ke babak 16 besar, yaitu para juara grup. Aturan ini berbeda dengan Liga Champions, yaitu juara dan runner-up grup langsung ke babak 16 besar.

Di Liga Europa, runner-up grup harus lebih dahulu menempuh babak knockout play-off . Di laga inilah mereka bertemu dengan tim-tim yang merosot dari Liga Champions.

Skema fase gugur Liga Europa

Total ada lima putaran dalam Liga Europa setelah fase grup sampai final. Setiap putaran melibatkan dua laga kandang-tandang, final dimainkan di tempat netral.

Berikut putaran atau babak Liga Europa selengkapnya:

  • Penyisihan grup
  • Knockout play-off
  • 16 besar
  • Perempat final
  • Semi final
  • Final

Setelah penyisihan grup tuntas, akan dilakukan drawing untuk laga play-off. Runner-up Liga Europa dan tim peringkat tiga Liga Champions akan berhadapan. Berikut skema Liga Europa menuju babak 16 besar:

  • Juara grup: 8 tim langsung ke babak 16 besar
  • Runner-up grup: 8 tim ke knockout play-off
  • Peringkat tiga UCL: 8 tim bertanding di knockout play-off

    Daftar Tim Liga Champions ke Play-off Liga Europa

    Ajax Amsterdam
    Bayer Leverkusen
    Barcelona
    Sporting CP
    Salzburg
    Shakhtar Donetsk
    Sevilla
    Juventus

    Semakin seru!

    Seperti yang disinggung di atas, babak knockout play-off akan mempertemukan tim peringkat tiga UCL dengan runner-up grup UEL. Mulai dari tahap inilah laga-laga seru bakal jadi sajian utama.

    Betapa tidak, selain Arsenal, MU, dan Roma, ada banyak tim top eks UCL yang bakal memeriahkan fase gugur UEL nanti, yaitu Barcelona, Juventus, Ajax Amsterdam, dan Sevilla.

    Tim-tim kuat itu seharusnya berlaga di Liga Champions, setidakya mereka biasa bermain di level tertinggi. Nah, musim ini mereka gagal mencapai level tersebut, jadi persaingan di kasta dua bakal lebih seru.

    Belum lagi mempertimbangkan tim-tim kuat yang memang sudah biasa dengan atmosfer Liga Europa, seperti Real Betis, Union Berlin, dan nama-nama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *