Minggu, 5th Februari 2023

flagylmedication

Update Informaasi Berita Olahraga

Standard

Kalah Dramatis Dari Argentina, Louis van Gaal: Belanda Telah Memberikan Segalanya, Saya Bangga!

Timnas Belanda harus mengakhiri perjalanan di Piala Dunia 2022 setelah kalah dramatis dari Argentina. Tim asuhan Louis van Gaal tersebut gagal melaju ke babak semifinal setelah kalah melalui drama adu penalti dengan skor 4-3 pada Sabtu (10/12/2022).

Louis van Gaal menyatakan bahwa Belanda telah mengerahkan segala upaya untuk memenangkan laga ini. Namun nyatanya Tim Oranje tetap kalah oleh Argentina yang tampil impresif bersama Lionel Messi.

Upaya yang dilakukan van Gaal terlihat sangat jelas di babak kedua ketika Belanda tertinggal 2-0 dari Argentina. Strategi memasukkan Wout Weghorst berjalan efektif dengan menyumbangkan dua gol di penghujung babak kedua hingga memaksa Argentina bermain sampai adu penalti.

“Tidak ada yang perlu dicela dari diri saya sendiri. Anak-anak berjuang sampai akhir yang pahit dan sekarang mereka berada di ruang ganti dengan perasaan sedih. Mereka memberikan segalanya, saya sangat bangga,” terang van Gaal dikutip dari Fotmob.

Ironi Van Gaal

Kekalahan Belanda dari Argentina di Piala Dunia 2022 ternyata menyimpan duka tersendiri bagi Louis van Gaal. Pasalnya ini menjadi kali kedua van Gaal digagalkan Argentina di Piala Dunia.

Sebelumnya van Gaal juga memimpin timnas Belanda di Piala Dunia 2014. Mencapai babak semifinal, van Gaal harus mengubur mimpinya bermain di partai puncak setelah kalah lewat adu penalti.

Tentu saja kalah dua kali dengan tim dan cara yang sama merupakan ironi paling menyakitkan untuk karier kepelatihan van Gaal. Terlebih van Gaal yang sudah berusia 71 tahun kemungkinan besar tidak akan kembali terjun bertarung di Piala Dunia selanjutnya.

“Saya bersenang-senang (di Piala Dunia 2022). Sangat menyakitkan untuk keluar seperti ini (adu penalti), terutama karena saya melakukan semua yang saya bisa untuk mencegah hal ini terjadi,” ujar van Gaal.

Torehan Gemilang Belanda Pecah

Kekalahan oleh Argentina sepertinya menghancurkan semua yang dibangun oleh Louis van Gaal. Argentina menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan Belanda sejak van Gaal kembali ditunjuk sebagai pelatih.

Van Gaal kembali melatih timnas Belanda tahun lalu untuk bertarung di Piala Dunia 2022. Sebelumnya van Gaal juga pernah menukangi Tim Oranje pada tahun 2000-2001 dan 2012-2014.

Sejak kembali menjadi pelatih Belanda, van Gaal menorehkan 20 laga tanpa kekalahan. Namun kekalahan dari Argentina di perempat final Piala Dunia 2022 menjadi yang pertama bagi van Gaal.

“Yang saya tinggalkan adalah tim yang luar biasa, sebagai manusia dan pesepakbola. Saya adalah pelatih untuk 20 pertandingan dan kami tidak kehilangan satu pun dari mereka. Ada alasan untuk itu,” ucap van Gaal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *