Minggu, 5th Februari 2023

flagylmedication

Update Informaasi Berita Olahraga

Standard

Ternyata, Ada Secuil Peran Mikel Arteta dalam Kesuksesan Walid Regragui Bawa Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

Pelatih Arsenal Mikel Arteta secara tak langsung ikut terlibat dalam kesuksesan Walid Regragui mengantarkan Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022.

Maroko mulanya tak dianggap sebagai tim yang akan bisa melaju jauh di Piala Dunia 2022 ini. Namun sepak terjang Singa-singa Atlas ini mampu mengejutkan banyak pecinta sepak bola.

Mereka sukses jadi juara Grup F. Padahal di grup tersebut ada nama-nama besar seperti Kroasia dan Belgia.

Maroko kemudian membuat kejutan lain dengan mendepak Spanyol dari babak 16 besar. Tak berhenti sampai di situ, Hakim Ziyech dkk juga menyingkirkan Portugal di babak perempat final.

Kritikan Atas Penunjukan Walid

Kesuksesan Maroko sejauh ini tak tentu saja tak lepas dari polesan tangan dingin Walid Regragui. Pelatih berusia 47 tahun ini sebenarnya melatih Singa-singa Atlas secara dadakan.

Ia diangkat jadi pelatih Maroko pada Agustus 2022 lalu. Artinya ia cuma punya waktu sekitar tiga bulan saja untuk memoles Atlas Lions.

Walid saat itu ditunjuk menggantikan Vahid Halilhodzic. Pergantian ini kabarnya sempat mendapatkan kritikan dari banyak pihak, bahkan sampai-sampai Walid diejek dengan diberi julukan Avocado Head alias Kepala Alpukat.

Namun kritikan itu akhirnya dibungkam oleh Walid. Ia sekarang bahkan punya rekor mentereng yakni pelatih asal Arab pertama yang menembus babak semifinal Piala Dunia 2022.

Ada Arteta di Balik Kesuksesan Maroko

Kesuksesan Walid Regragui bersama Maroko ini ternyata tak lepas dari peran pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Bagaimana bisa?

Kemampuan Walid untuk meracik taktik ternyata ikut dipengaruhi oleh Arteta. Pasalnya pada tahun 2021 lalu, ia pernah ikut dalam seminar online yang diadakan pelatih berpaspor Spanyol tersebut.

Dalam seminar itu, menurut laporan Football London dan akun Twitter @eurofootcom Arteta membeberkan beberapa taktiknya dari kemenangan Arsenal di semifinal Piala FA atas Manchester City. The Gunners kemudian mengangkat trofi dengan mengalahkan Chelsea di babak final.

“Ini adalah manajer Maroko Walid Reragui, menghadiri seminar taktik oleh Mikel Arteta, yang menampilkan idenya di final Piala FA vs Man City.”

“Ini adalah orang dengan kemauan untuk belajar & maju. Hanya satu tahun kemudian, ia menemukan dirinya di semifinal Piala Dunia. Ia bekerja sangat keras.”

Pujian Arteta pada Walid

Mikel Arteta sendiri baru saja melontarkan pujian pada Walid Regragui. Ia terkesan sekaligus ikut senang dengan kesuksesan Walid membawa Maroko menembus babak semifinal Piala Dunia 2022.

“Dampak yang ia miliki, ia adalah pujian total bagi mereka. Apa yang ia lakukan luar biasa, dan apa yang ia transmisikan sangat bagus,” pujinya via talkSPORT.

“Dan merupakan hal yang sangat positif bagi sepak bola dunia untuk memiliki tim Afrika di babak itu. Mereka salah satu dari empat tim yang sangat terpilih di Piala Dunia ini,” sambung Arteta.

Target Walid Regragui

Karena Maroko kini sudah mencapai babak semifinal, Walid Regragui tak mau berhenti sampai di situ. Ia ingin Maroko menghantam Prancis dan kemudian jadi juara Piala Dunia 2022.

“Kami telah mengalahkan beberapa tim papan atas. Sebelum setiap pertandingan orang mengira kami akan tersingkir tetapi kami masih di sini. Kami semakin dekat dengan impian kami dan kami akan berjuang untuk mencapainya,” serunya.

“Kami adalah salah satu dari empat tim terbaik di dunia sekarang dan kami ingin mencapai final. Tim terbaik, Brasil, sudah tersingkir. Kami lapar,” koar Walid.

“Saya tidak tahu apakah itu akan cukup, tetapi kami ingin Afrika berada di puncak dunia. Saya tahu kami bukan favorit tetapi kami percaya diri. Anda mungkin berpikir itu gila, tapi sedikit kegilaan itu bagus,” tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *