Sabtu, 4th Februari 2023

flagylmedication

Update Informaasi Berita Olahraga

Standard

Semifinal Piala AFF 2022 Vietnam vs Indonesia: Shin Tae-yong Klaim Level Garuda Sejajar Golden Star Warriors

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengklaim sekarang ini level skuad Garuda sudah menyamai Vietnam, namun hal tersebut dibantah oleh Park Hang-seo.

Shin Tae-yong menukangi Timnas Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Berkat polesannya, Merah Putih mengalami perkembangan signifikan.

TIga tahun yang lalu, Timnas Indonesia masih di bawah Vietnam plus Thailand. Namun Shin Tae-yong mengklaim Merah Putih kini sudah selevel kedua negara tersebut.

“Saya dapat mengatakan bahwa Vietnam adalah tim yang kuat,” ujar Shin Tae-yong dinukil dari media Vietnam, The Thao 247, Minggu (8/1/2023).

Vietnam dan Thailand Terkuat di ASEAN

Timnas Indonesia akan menantang Vietnam dalam leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium, Hanoi pada Senin (9/1/2023).

Dalam pertemuan pertama empat besar Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Timnas Indonesia diimbangi Vietnam 0-0.

Mengacu dari progress latihan dan hasil yang didapatkan, Shin Tae-yong merasa bahwa Timnas Indonesia sudah bisa bersaing dengan Vietnam.

“Sebelumnya, Vietnam dan Thailand merupakan dua tim terkuat di Asia Tenggara,” tutur Shin Tae-yong.

Penilaian Shin Tae-yong

Di atas kertas, kelas Vietnam sebenarnya jauh berada di atas Timnas Indonesia. Armada Park Hang-seo itu menempati peringkat ke-96 ranking FIFA per 22 Desember 2022, sementara pasukan Shin Tae-yong terpaut jauh di urutan ke-151.

“Akan tetapi, sejak saya dayang ke Indonesia, kami telah berusaha sebaik mungkin,” papar Shin Tae-yong, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.

“Saya pikir saat ini Vietnam dan Timnas Indonesia memiliki level yang sama,” tutur pelatih berusia 53 tahun tersebut.

Respon Park Hang-seo

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo sedikit tidak menerima perbandingan dari Shin Tae-yong. Dia meminta juniornya itu untuk membuktikan ucapannya di atas lapangan.

“Menurut saya begini. Seharusnya pelatih membuktikan dengan hasil pertandingan. Bukan dengan kata-kata. Saya tidak terbiasa menilai tim lain,” terangnya.

“Kekuatan Timnas Indonesia memang benar. Namun, saya harap Shin Tae-yong akan membuktikan apa yang dikatakannya,” imbuh Park Hang-seo.

Park Hang-seo Siap Terima Pernyataan Shin Tae-yong

Namun Park Hang-seo menambahkan, dirinya siap saja untuk menerima pernyataan Shin Tae-yong. Namun tentu saja ada syaratnya.

Park Hang-seo menegaskan Indonesia harus bisa mengalahkan Vietnam lebih dahulu. Namun jika kemudian tim Merah Putih yang keok, maka dia tak mau mendengar ocehan Shin Tae-yong lagi.

“Jika Vietnam kalah, maka saya akan menerima kata-katanya. Tapi jika saya menang, Shin Tae-yong tidak boleh membicarakan itu lagi,” tegas Park Hang-seo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *